7 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Masalah berat badan tidak hanya dialami mereka yang bertubuh gemuk atau obesitas. Kekurangan berat badan atau terlalu kurus juga bisa disebut sebagai masalah berat badan.

Perlu diketahui, tubuh yang terlalu kurus juga berbahaya karena kurang gizi dan nutrisi. Jika berat badan Anda kurang dari ukuran ideal, maka ada baiknya segera menjalani program penambahan berat.

Program menambah berat badan bisa dimulai dengan mencukupi asupan kalori. Anda memerlukan kalori lebih daripada yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga berat ideal.

Pada tahap ini, Anda memerlukan bantuan seorang ahli diet dan nutrisi. Mereka akan merekomendasikan Anda diet kaya kalori namun sehat.

Sumber kalori sehat berasal dari minyak zaitun, almond, kentang, jagung juga keju.

Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Ada tujuh nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Bagaimana cara mencukupi kebutuhan enam nutrisi dengan tepat, sehingga Anda bisa menambah berat badan lewat cara yang sehat? Simak tips berikut ini.

1. Karbohidrat
Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Jika ingin Menambah Berat Badan, Anda harus mengonsumsi cukup karbohidrat. Sumber karbohidrat yang baik berasal dari buah, sayuran dan gandum utuh.

Minuman bersoda, cappuccino dan sari buah memang mengandung banyak gula dan membuat Anda cepat gemuk, tapi tidak sehat. Konsumsilah minuman sehat seperti jus jeruk, jambu, mangga atau smoothie sayuran.

Karbohidrat sehat juga bisa didapat dari nasi merah dan sereal. USDA menyarankan Anda untuk makan 11 porsi makanan dari roti dan sereal gandum per harinya. Gandum utuh merupakan sumber serat dan nutrisi. Makanlah saat sarapan atau di sela-sela jam makan sebagai camilan. Tapi pilih yang bebas atau mengandung sedikit gula.

2. Protein
Tubuh Anda perlu protein untuk pembentukan otot, stuktur organ dan menjaga fungsi sistem imun tubuh. Protein juga diperlukan untuk memproduksi hormon dan zat kimawi pada otak yang disebut neurotransmitter.

Anda perlu cermat memilih sumber protein sehat, misalnya dari daging ikan, ayam dan kacang-kacangan. Boleh saja mengonsumsi daging merah, tapi batasi hanya dua kali seminggu. Pilihlah daging potong segar dan hindari yang olahan seperti sosis, bolognaise atau daging burger.

3. Lemak
Lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi, menjaga kesehatan rambut, kulit dan fungsi saraf. Dan, tentu saja, berkontribusi pada penambahan berat badan. Tapi Anda harus cermat, konsumsilah lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda; omega-3 dan omega-6.

Omega-3 berasal dari ikan, makanan laut dan kacang kenari. Sementara omega-6 bisa didapat dari minyak sayur, misalnya; minyak biji matahari, minyak kelapa dan minyak jagung. Tapi ingat, jangan konsumsi terlalu berlebihan karena bisa mengganggu keseimbangan sistem metamolisme tubuh.

Selain asam lemak tak jenuh ganda, Anda juga memerlukan asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada minyak zaitun. Lemak jenis ini akan membantu sistem pembuluh darah tetap sehat.

4. Vitamin
Konsumsilah sayur dan buah beraneka warna agar kebutuhan vitamin Anda terpenuhi. Anda bisa mengombinasikan beberapa sayur dan buah dalam sehari. Pada dasarnya, hampir semua buah mengandung vitamin mulai dari vitamin A, C, E, D, B, K, dan sebagainya. Anda bisa mencukupi asupan sayur dan buah per hari dengan cara ini.

5. Mineral
Kalsium, zat besi, seng, fosfor, iodin, natrium, kalium, dan fluorin merupakan jenis mineral yang diperlukan tubuh. Jenis-jenis mineral ini masing-masing berfungsi membentuk serta menjaga kepadatan tulang dan gigi, membentuk hemoglobin dalam darah, hormon tiroksin, mengatur kelancaran kerja otot, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Hampir semua bahan makan mengandung mineral; misalnya buah, sayur, kacang-kacangan, daging merah, garam dapur, susu dan keju.

6. Air
Sudah jelas, air merupakan sumber yang sangat penting bagi tubuh. Air berkhasiat melunturkan racun dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kelembaban kulit, menjaga kesehatan ginjal, dan sebagainya. Minumlah air sedikitnya 2 liter atau delapan gelas per hari.

7. Ginseng Kianpi Pil
Kianpi Pil menambah napsu makan dan membuat tubuh lebih berisi.

Jika ada pertanyaan lain, silakan ditanyakan di bawah ini: